Pengembangan kurikulum Program Studi Pendidikan Fisika dilandaskan pada padangan idealisme, naturalisme dan pragmatisme.
Landasan sosiologi pengembangan kuriulun program studi Pendidikan fisika memiliki landasan sebagai berikut :
Landasan psikologis dalam pengembangan kurikulum program studi Pendidikan Fisika terdiri dari dua acuan yaitu psikologi perkembangan dan psikologi belajar.
Program Studi Pendidikan Fisika sangat tanggap dalam menanggapi tuntutan perubahan zaman dengan melakukan pengembangan kurikulum secara berkala. Pengembangan kuriukulum untuk menhasilkan lulusan yang yang tanggak dengan tuntutan perubahan zaman baik lokal, nasional maupun global.
Adapun histori pengembangan yang dilakukan di kurikulum Pendidikan Fisikan sebagai berikut :
Pengembangan kurikulum Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA UNM pada tahun 2021 dilakukan dengan merespon Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) :